Wednesday, April 8, 2015

Lomba Cerdas Cermat Kebumian 2015


DEADLINE: October 15, 2015

DESKRIPSI
Lomba Cerdas Cermat Kebumian 2015 merupakan salah satu rangkaian acara Geoweek dalam rangka memperingati Dies Natalies HMTG FT UGM ke-53. Lomba Cerdas Cermat Kebumian (LCCK) 2015 merupakan ajang kompetisi yang menguji pengetahuan ilmu kebumian siswa-siswi terbaik Indonesia tingkat SMA/sederajat. Kompetisi ini berlevel nasional yang pesertanya merupakan tim-tim SMA/sederajat terpilih di lingkup nusantara. LCCK telah diselenggarakan kelima kalinya oleh HMTG FT UGM.

Tema yang diusung adalah “Geotourism for Future Industry: Conservation and Education of Geological Feature”. Diangkatnya tema tersebut meyusul mulai diakuinya keberagaman potensi-potensi wisata Indonesia. Selain itu melihat sebuah urgensi bahwa teman-teman SMA/sederajat tidak hanya sekadar mengetahui tentang ilmu kebumian dan kebencanaan namun harus dapat melebur (dalam bentuk pemahaman dan aktualisasi) terhadap kondisi global, khususnya tentang geowisata yang terdapat di Indonesia, mengingat Indonesia memiliki banyak tempat wisata. Kegiatan geowisata ini selain berwisata di suatu daerah, kita dapat mengimplementasikan ilmu kebumian dan mengetahui potensi alamnya yang nantinya dapat meningkatkan kegiatan perindustrian di Indonesia. Terpilihnya Kaldera Batur oleh UNESCO sebagai geopark yang diakui dunia, menjadi batu loncatan bagi sektor kepariwisatan Indonesia untuk mengembangkan diri. Sehingga dengan diangkatnya tema tersebut, diharapkan kesadaran untuk mengembangkah dan menjaga potensi-potensi wisata terkhusus geowisata Indonesia di kalangan pelajar SMA dapat tumbuh.

Peleburan ini diharapkan dapat meningkatkan sikap kritis terhadap kondisi sekitar, dan menunjang kesiapan dan kemampuan untuk menghadapi tantangan-tantangan di fase selanjutnya khusunya bagi mereka yang akan melanjutkan pendidikannya di bidang ilmu kebumian.

KONSEP ACARA
Lomba Cerdas Cermat Kebumian tingkat Nasional 2015 akan dilaksanakan selama 2 hari yang terdiri dari 2 babak utama berupa babak penyisihan dan babak cerdas cermat dengan rincian sebagai berikut :

Babak Pertama (15 Oktober 2015)
Pada babak pertama terdiri dari tiga tes berupa tes tertulis, tes peraga, dan fieldwork atau outdoor learning yang akan dilaksanakan selama satu hari dengan rincian sebagai berikut :
  1. Tes TertulisBabak tes tertulis ini diikuti oleh seluruh tim peserta yang hadir pada LCCK 2015. Babak ini berupa tes tertulis dimana peserta akan mengerjakan 1 paket soal yang terdiri dari 3 jenis soal secara berkelompok.
  2. Tes PeragaBabak tes peraga ini diikuti oleh semua tim peserta yang hadir pada LCCK 2015. Babak ini berupa tes peraga yang telah disediakan oleh panitia penyelenggara dan dikerjakan secara berkelompok.
  3. Fieldwork atau Outdoor LearningBabak tes lapangan ini diikuti oleh semua tim peserta yang hadir pada LCCK 2015. Babak ini berupa tes lapangan yang telah disediakan oleh panitia penyelenggara yang nantinya dikerjakan dalam 2 paket soal secara berkelompok.
Babak Kedua (16 Oktober 2015)
Pada Tahap 3 ini akan diikuti oleh 12 tim terbaik yang diperoleh dari akumulasi Nilai Tahap 1 + Nilai Tahap 2. Bagi tim peserta yang tidak lolos ke Tahap 3 dipersilahkan untuk menonton Quiz Competitions pada Tahap 3 ini, ataupun dipersilakan mengikuti kegiatan GeoExpo. Tahap ini merupakan tahap Quiz Competitions (lomba cerdas cermat) yang akan menguji kecepatan dan ketepatan tim dalam menjawab soal yang diberikan. Kegiatan Tahap 3 ini terdiri atas 3 babak yaitu babak eliminasi, babak semi final dan babak final. Rincian Tahap 3 adalah sebagai berikut:
  1. Babak Eliminasi: Pada babak ini terdiri dari 4 kali pertandingan yang diikuti oleh 16 tim dengan estimasi waktu perpertandingan selama 35 menit yang terdiri dari soal wajib dan rebutan.
  2. Babak Semifinal: Pada babak ini terdiri dari 2 kali pertandingan yang diikuti oleh 8 tim dengan estimasi waktu perpertandingan selama 45 menit yang terdiri dari soal wajib dan rebutan.
  3. Babak Final: Pada babak ini terdiri dari 3 kali pertandingan yang diikuti oleh 4 tim dengan estimasi waktu perpertandingan selama 60 menit yang terdiri dari soal wajib, lemparan, dan rebutan.

PENGHARGAAN
  • Juara IUang pembinaan + Trofi Kementrian Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah + Sertifikat + Medali
  • Juara IIUang pembinaan + Trofi Gubernur DIY + Sertifikat + Medali
  • Juara IIIUang pembinaan + Trofi Rektor UGM + Sertifikat + Medali
  • Juara IVUang pembinaan + Trofi Dekan Fakultas Teknik UGM + Sertifikat
  • The Best TeoryUang pembinaan + Trofi Jurusan + Sertifikat
  • The Best Partical TestUang pembinaan + Trofi Jurusan + Sertifikat
  • The Best FieldworkUang pembinaan + Trofi Jurusan + Sertifikat
Sumber: Geoweek 2015


Share to Other !

0 comments:

Post a Comment

Please wait for administrator's response